HAUS ? Jangan asal minum

Tubuh kita sangat membutuhkan air. Ya, karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Saat tubuh kekurangan air, biasanya kita akan merasa haus. Meski, sebenarnya kita tak perlu menunggu haus untuk minum. Air dibutuhkan tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. air adalah unsur kunci dalam darah, getah bening dan keringat, yang juga berfungsi membantu pencernaan, bantal sendi dan jaringan, dan membantu mengatur suhu tuhun. Air juga membantu anda agar tetap merasa berenergi, sehingga anda akan merasa lelah atau sakit kepala ketika kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi ringan sedang ditandai dengan mulut kering dan lengket, mengantuk dan lelah, otot lemah, sakit kepala serta pusing, dan silau jika melihat sinar. Sedangkan dehidrasi kategori berat ditandai dengan haus berat, sangat mengantuk dan kebingungan, tidak berkeringat, urine sedikit dan berwarna kuning gelap atau bahkan tidak ada, mata cekung, menggigil dan kulit kering, elastisitas hilang, tekanan darah rendah, dan kesadaran menurun.
         
minuman energi
   Namun, sebaiknya kita tak sembarangan minum air untuk mengatasi kehausan. Ada beberapa minuman yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Diantaranya : pertama, minuman manis, seperti sari buah, minuman ringan bersoda, atau sirup. Meminum minuman jenis ini saat haus memamng terasa segar. Tetapi minuman tersebut sarat dengan kalori, karena kadar gulanya yang tinggi. Dalam 355 mililiter cairan manis biasanya mengandung 10 sampai 13 sendok the gula.
           
minuman jus
Kedua, jus buah. Minum jus buah memang dapat menyegarkan tenggorokan yang kering. Apalagi kandungan vitaminnya juga tinggi. Tetapi jus juga menyumbangkan kalori yang berlebihan karena seringkali ditambahkan gula. Lebih baik makan buah-buahan tersebut secara langsung, misalnya semangka dan jeruk yang kaya akan kandungan air dan serat yang penting.
           



Ketiga. Minuman energi. Minuman energi mengandung gula dan jumlah besar dan tinggi kafein, yang mungkin menimbulkan risiko kesehatan. Kita dapat memilih susu sebagai gantinya, karena memiliki nilai gizi yang tinggi, seperti protein, karbohidrat, sekidit lemak, dan nutrisi lainnya. Cara paling aman mengatasi haus adalah minum air putih. Jika ingin tambahan rasa, bisa juga tambahkan perasan lemon.

0 komentar :

Posting Komentar