INTI KELEMBUTAN HATI


Dari Abu Hafs bin Shalih ath-Thurthusi berkata, “Saya dan Yahya al-Jala’ pernah mengunjungi Abu Abdillah (Ahmad bin Hambal) lalu bertanya kepada beliu. Saat itu disisi beliau. Saat itu di sisi beliau ada Bauran, Zuhair dan Harun al-Jamal.
Saya bertanya, “Semoga Allah merahmati Anda wahai Abu Abdillah, dengan cara apa Anda melebutkan hati?”
Beliau mengarahkan tatapan matanya kepada teman-temanya, lalu beliau memejamkan mata sambil menundukkan. Beberapa saat kemudian beliu mengangkat kepala dan berkata, “Dengan hanya memakan yang halal.”
Lalu saya bertemu dengan Abu Nashr, Bisyr bib al-Harits dan kutanyakan hal yang sama.
“Wahai Abu Nashr, dengan cara apa Anda melembutkan hati?”
Beliau menjawab, “Ketahuilah, hanya dengan berdzikir kepada Allah hati menjadi tenang.”
Lalu saya katakan, “Baru saja saya bertemu Abu Abdillah dan menanyakan hal serupa.” Beliau bertanya, “Apa yang beliau katakan kepada Anda?” Saya jawab, “Dengan hanya makan yang halal.”
Bisyr berkata, “Beliau telah menjawab dengan jawaban yang inti.”
Lalu saya bertemu juga dengan Abdul Wahab bin Abi al-Hasan, dengan cara apa anda melembutkan hati?”
Beliau menjawab, “Ketahuilah hanya dengan berdzikir kepada Allah hati menjadi tenang.”
Lalu saya katakana, “Tadi saya bertemu dengan Abu Abdillah dan menanyakan hal serupa.”
Tampaklah kegembiraan di wajahnya, lalu beliau bertanya penuh penasaran, “Apa yang dikatakan kepada Anda?”
Saya menjawab, “Dengan hanya makan yang halal.”
Lalu beliau berkata, “Sungguh Anda datang membawa mutiara, sungguh Anda datang membawa mutiara, intinya adalah apa yang beliau (Ahmad bin Hambal) katakana.”
(Tahdzib Hilayatul Auliyah Abu Nu’aim)

0 komentar :

Posting Komentar