Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan seseorang bisa dilihat dari karakteristik  lambung dan usus. Lambung yang sehat memiliki selaput lendir yang berwarna merah jambu, tanpa ada tonjolan ataupun abnormalitas dipermukaanya dan usus yang sehat juga berwarna merah jambu, empuk dan memiliki lipatan-lipatan yang besar dan seragam.

Karena letak lambung dan usus di dalam, kita tidak bisa melihat perubahanya. Kita akan tahu bila ada gejala yang menimpa, seperti mual, muntah, nyeri pada bagian perut atas, kepala pusing, keringat dingin, susah tidur karena menahan sakit pada ulu hati. Beda dengan fisik luar, ketika ada perubahan sedikit saja spontan berbagai  cara dicoba untuk menjaga. Padahal penjaga organ dalam jauh lebih penting dari pada hanya memperhatikan fisik yang luar.

Saat masih kanak-kanak semua orang memliki karakter lambung dan usus yang bersih, namun karakter itu berubah seiring dengan gaya hidup dan pola makan seseorang nah, bagaimana pola makan yang bisa menjaga lamabung dan usus kita? ini dia tipsnya.


  • Makan secukupnya, teraturdan berhenti sebelum kenyang.
Rasulullah bersabda :
"Tidaklah anak Adam memenuhi tempat yang lebih buruk  daripada perutnya. Ukuran bagi (perut) anak Adam adalah  beberapa suapan yang hanya dapat menegakkan tulang punggungnya. Kalau toh ia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum, dan sepertiga untuk bernafas" (HR. Ibnu Majah )
  • Jaga waktu makan, jangan terlalu berdekatan agar makanan dapat dicerna dengan sempurna, dan selesaikan makan malam 4-5 jam sebelum tidur.
  • Jangan makan atau  minum yang terlalu panas atau dingin karena dapat mengiritasi lapisan dinding lambung.
  • Bila perut kosong karena lupa makan atau perpuasa, jangan langsung diisi dengan makan yang berat, ini akan melemahkan lambung sehingga makan sulit untuk dicerna. Makanlah kurma, karena kandungan glukosanya mudah diserap lambung tapna melalui proses pencernan di dinding usus.
  • Buah dulu sebelum makan, hal ini dapat memancing lambung untuk segera mengeluarkan getah lambung yang akan sangat membantu proses pencernaan makanan yang lain.
  • Jangan lupa cuci tangan, membaca basmalah, dan duduk saat makan. Semoga bermanfaat.

1 komentar :

  1. Oh, ya selama ini setelah makan baru makan buah. Ternyata lebih baik makan buah dulu baru makan yang berfungsi untuk mengeluarkan getah lambung untuk membantu pencernaan ketika makan. Terima kasih sangat bermanfaat infonya

    BalasHapus